Friday 16 September 2011

PEMBERSIHAN DAN PENANAMAN DI GUHA TUJOEH LAWEUNG



Di Aceh memang terdapat banyak sekali wisata alam, sayangnya tidak dikelola dengan baik,
dalam menyambut hari lingkungan hidup tahun dan juga telah menjadi agenda tahunan 
KOPALA PIDIE-ACEH (Komunitas pecinta alam dan lingkungan hidup pidie-aceh)  melakukan 

kegiatan pembersihan dan penanaman di guha tujoeh laweung.
guha tujoeh adalah Salah satu tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi, terletak di Desa Laweung Kecamatan Mutiara Kab. Pidie. Dari keude Grong - Grong masuk ke dalam kira² 70 Km dengan kondisi jalan lumayan berat atau bisa juga (namun tidak disarankan karena kondisi jalan yang lebih parah) via Desa Laweung di kaki Gunung Seulawah.

Guha Tujoeh sendiri terdari dari sekumpulan guha yang sangat dalam dan gelap, ada Guha Sarang (Gua Sarang Walet), Guha Uleu (Gua Ular) dan lain² yang jumlah keseluruhan mencapai tujuh gua. Bagi anda yang ga berani masuk ke dalam gua² tersebut sepertinya cukup puas dengan memasuki gua pertama yang ga dalam dan gelap.

Pada hari libur Guha Tujoeh selalu ramai dikunjungi oleh warga sekitar maupun pendatang, juga terdapat beberapa pemandu yang akan memberi penjelasan kepada anda mengenai gua - gua tersebut, jadi anda bisa bertanya ini itu pada beberapa orang yang selalu stand by di tempat tersebut dan bersedia menjadi pemandu anda untuk masuk ke dalam.

karna kurangnya kesadaran pegunjung akan kebersihan ,sehingga banyak sampah  Anorganik  yang dibawa oleh pegunjung masuk kedalam dan bayak lagi corat coret dinding oleh ulah tangan manusia2 yang terlampau kreatif dan egois tanpa memikirkan efeknya,
oleh karna itu  KOPALA PIDIE-ACEH dan di bantu oleh masyarakat sekitar melaukan pembersihan dan penghijauan dalam rangka menyambut hari lingkungan hidup sedunia.
semoga apa yang KOPALA PIDIE-ACEH lakukan bisa beranfaat untuk masyakat banyak.

        teruslah berbuat sedikit tapi bermakna

No comments:

Post a Comment